♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪----->>> Welcome to My Blog <<<-----♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪

Rabu, 06 Januari 2010

Mengatasi Cantengan pada Jempol Kaki

Tak sedikit orang yang pernah mengalami cantengan. Apa itu cantengan? Cantengan adalah kuku yang masuk menusuk pada daging dan menimbulkan luka serta sakit yang luar biasa bahkan sampai bernanah. Biasanya terjadi pada jempol kaki. Jelas, itu sangat mengganggu baik dalam beraktivitas maupun penampilan.
 
Saya pernah mengalami sakit seperti itu dan hampir membuat saya putus asa dalam melakukan sesuatu. Cantengan pada jempol kaki kiriku sampai bengkak hingga di atas kuku. Disentuh pun sakit sekali rasanya apalagi jika memakai sepatu tertutup. Pernah juga kesandung kaki meja saat saya berjalan. Luar biasa sakitnya hingga saya sampai menangis.

 
Saya bercerita dengan tetangga dan ternyata dia juga pernah mengalami hal yang serupa dengan saya yaitu cantengan di jempol kaki. Tapi dia menjalani operasi kecil (kukunya dicabut). Mendengar cerita itu saya semakin takut. Apalagi ketika membayangkan kukunya harus dicabut agar bisa sembuh. Ngeri sekali sepertinya. Teman-teman saya juga menyarankan seperti itu.

 
Namun saya yakin dan optimis kalau cantengan tersebut dapat sembuh tanpa harus mencabut kukunya. Dengan penuh keyakinan, pertama kali saya mengobati yang bengkak di atas kuku dengan obat serbuk "enbatic" karena pada waktu itu lukanya basah. Dan pastinya saya tetap menjaga kebersihannya. Tak lama luka bisa kering dan bengkak pun berkurang. Sembari menahan rasa sakit, kemudian saya membersihkan nanah yang ada dengan tisu. Setelah itu saya mengambil gunting kuku yang bersih agar tidak terjadi infeksi pada luka dan perlahan-lahan mencongkel kuku yang masuk ke dalam daging tersebut menggunakan pembersih kuku yang ada pada gunting kuku itu.


Tak menyangka caraku tersebut membuahkan hasil dan kuku yang mengganggu itu pun berhasil saya potong. Lalu saya menyentuh jempol kaki dan ternyata tidak sakit lagi. Mungkin hanya terasa perih karena luka dari kuku yang menusuk tadi. Akhirnya cantengan pada jempol kiri saya pergi dan tak pernah kambuh lagi. Hari-hari yang saya lalui menjadi tanpa beban dan rasa sakit lagi. Saya tidak malu lagi dengan jempol kakiku.
 
Agar kuku tetap sehat harus senantiasa dijaga kebersihannya. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memotong kuku ketika sudah panjang dengan pemotong kuku yang bersih. Tak lupa jua selalu mencuci tangan dan kaki. Itu semua merupakan cara yang mudah serta sederhana untuk menjaga kesehatan kuku dan pastinya semua orang dapat melakukannya. Yang perlu diingat bahwa hidup sehat itu menyenangkan dan tak ada ruginya... ^.^


16 komentar:

  1. Dimana beli enbatic n berapa harganya?
    Sudah sebulan cantengan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku punya obat kuku cantengan hasil racikan dokter spesialist kulit. Saya juga pernah mengalami bagian jempol tangan, sangat menyiksa berkat obat itu Sekarang sdh sembuh alhamdulillah.
      mau lihat resepnya di http://www.obatkuku.blogspot.com

      Hapus
    2. nice info...semoga bisa berguna bagi teman2 yang sedang membutuhkan.

      Hapus
  2. Di internet ada yg jual Nail Obat Cantangen, coba cari di Google.com dgn kata kunci Nail Obat Cantangen. Katanya sih manjur.

    BalasHapus
  3. Enbatic bs di beli di apotek dengan harga yang murah,,tapi kebersihan pada bagian yang lupa harus tetap dijaga.

    kalau untuk nail saya belum pernah tahu,ya mungkin jg bisa untuk masukan.

    BalasHapus
  4. Iya gan rasanya pedih pedih .... Enak .








    www.belajarmarketiva.com

    BalasHapus
  5. huwaaaa ga pakai enak, tapi menderita. thx kunjungannya

    BalasHapus
  6. Thanks buat informasinya, moga aja cantengan di kaki gw (gara2 motong kuku terlalu pendek) cepet sembuh, amin!

    BalasHapus
  7. Berapa hari sembuhnya Gan ?, saya baru pake 3 kali, dan belum kelihatan hasilnya.

    BalasHapus
  8. @ farah oke smg cepet sembuh & sehat kembali
    @ isfahani kalau sy dlu 5x udah smbuh, tapi dengan catatan terjaga kebersihannya. smg cepat sembuh juga

    BalasHapus
  9. Yaah. Cantik cantik kena cantengan -_-

    BalasHapus
  10. hehehe itu kan dulu sekarang gak perhah lagi ^.^

    BalasHapus
  11. Saya jg seperti itu,tp saya sudah 2x operasi kecil(cabut kuku)tp hasilnya sama..masih belum sembuh sampai sekarang..
    Makasih infonya,saya akan mencobanya,smga bisa sembuh,amin

    BalasHapus
  12. oke selamat mencoba. Yang jelas selalu jaga kebersihan kuku. Semoga cepat sembuh :)

    BalasHapus
  13. @nuko: biar cantik biar jelek, kalo kena cantengan ya kena gan..
    mungkin beberapa saat lagi agan juga kena

    BalasHapus
  14. @renz iya bener cantengan gak memandang cantik/cakep maupun jelek....eh jangan gitu donk gan, berdoa biar sehat selalu saja :)

    BalasHapus